8/11/2012

Pengertian dan Sejarah

Information and Communication Technology (ICT) atau Teknologi Informasi dan 
Komunikasi (TIK) adalah terminologi yang berguna untuk memproses dan menyampaikan informasi, konvergensi audio-visual, dan jaringan telepon dan komputer melalui kabel tunggal atau sistem link. 

ICT terdapat di banyak sekolah, universitas, dan perguruan tinggi untuk mencakup
spektrum dari sistem informasi / teknologi pada akhir organisasi untuk rekayasa perangkat lunak dan teknik komputer sistem.

TIK mencakup dua aspek yaitu Teknologi Informasi (TI) dan Teknologi Komunikasi (TK).
Teknologi Informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. 
Sedangkan Teknologi Komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu
ke lainnya. 

Oleh karena itu, Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah dua buah konsep
yang tidak terpisahkan.

Jika TI dan TK digabungkan, akan mengandung pegertian luas yaitu segala kegiatan yang  terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan pemindahan informasi antar media.

Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke 20. Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya. Hingga awal abad ke-21, TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik jenuhnya.

 
Sejarah 

Ada beberapa perkembangan teknologi yang memberi sumbangan terhadap perkembangan
TIK hingga saat ini. Pertama, temuan telepon oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1875 yang berkembang menjadi pengadaan jaringan komunikasi dengan kabel yang
meliputi seluruh daratan Amerika, bahkan Trans-atlantik. Jaringan telepon ini
merupakan infrastruktur pertama yang dibangun manusia untuk komunikasi global.
Memasuki abad ke-20, terdapat transmisi suara tanpa kabel melalui siaran radio AM yang 
pertama, diikuti oleh audio-visual tanpa kabel seperti televisi. Pada tahun 1943-1957, terciptalah komputer elektronik pertama, penemuan transistor, dan rangkaian terpadu
(Integrated Electronics)

Persaingan IPTEK antara blok Barat (Amerika Serikat) dan blok Timur (dulu Uni Soviet) memacu perkembangan teknologi elektronika lewat upaya miniatuarisasi rangkaian elektronik (mikroprosesor) untuk pengendali pesawat luar angkasa dan mesin-
mesin perang. Mikroprosesor inilah yang menjadi 'otak' perangkat keras komputer dan
terus berevolusi sampai saat ini. 

Sejak tahun 1980-an, ICT telah digunakan oleh para peneliti akademik tetapi baru populer
setelah digunakan oleh David Stevenson dalam sebuah laporan kepada pemerintah Inggris tahun 1997 dan direvisi Kurikulum Nasional untuk Inggris, Wales, dan Irlandia Utara pada tahun 2000.